Tuesday, November 12, 2013

Cerita Anak - Kisah Petani dan Telur Emas Angsa

Cerita Anak tentang kisah petani dan telur emas angsa. Dahulu kala ada seorang petani yang sangat rajin bekerja. Sehingga pada suatu saat ia menemukan seekor angsa berbulu emas di sebuah pinggir sungai. "Hmm...angsa yang bagus sekali, ingin aku membawanya pulang dan aku pelihara", gumam si petani sangat senang menemukan angsa berbulu emas di pinggir sungai.

Kemudian dibawanya pulang angsa tadi dan petani langsung memberi makan kepada angsa berbulu emas. Setelah sebulan lamanya, akhirnya angsa tadi bertelur. Alangkah kagetnya petani tadi, ternyata angsa tadi bertelur dan telurnya berupa telur emas. "Hah..telurnya emas..emas..emas..!!", si petani berjingkrak jingkrak kegirangan.


langsung saja emas itu ia bawa ke kota dan ia tukarkan dengan makanan, lauk pauk sampai kebutuhan rumahnya yang lain. Dan tidak lama akhirnya si petani menjadi orang yang sangat kaya di kampungnya oleh karena angsa yang ia ternak menelurkan telur emas dari dalam tubuh si angsa.

Setelah beberapa lama ia terus menyimpan telur-telur emas angsa yang ia peroleh, dan tidak sedikit pula harta hasil telur emas itu ia belanjakan untuk hal-hal yang tidak berguna, akhirnya hartanya kian habis dan tiba-tiba saja, angsa itu tidak bisa bertelur dan mendadak sakit. Alangkah kaget dan paniknya si petani.

(Dongeng anak dan cerita anak hanya di http://dongenganakindonesia1.blogspot.com)

Ia langsung berfikir untuk menyembelih angsa itu "hmm..pasti di dalam badan angsa ini masih banyak telur-telur emas yang belum ia keluarkan". Akhirnya ia tidak menemukan satupun telur emas dalam angsa dan akhirnya si petani kembali miskin dan tidak ada harta yang tersisa sedikitpun.

Hikmah cerita anak kali ini adalah janganlah kita menjadi tamak dan rakus akan harta yang kita peroleh dan bersikaplah bijaksana dalam menerima pemberian Tuhan, sedikit atau banyak wajib kita syukuri.

Nah Demikian cerita anak kali ini, blog dongeng anak indonesia akan kembali menulis cerita anak di lain kesempatan.

Terima kasih sudah membaca cerita anak di blog dongeng anak Indonesia (http://dongenganakindonesia1.blogspot.com/), semoga bermanfaat bagi anda dan buah hati anda tercinta.

No comments:

Post a Comment