Monday, February 10, 2014

Dongeng Anak si Badak Bermulut besar

Alkisah ada seekor badak yang bermulut besar, bukan saja bentuk mulutnya besar namun si badak sering "berkata besar" kepada seluruh anggota hewan di seluruh hutan.

Kepada siapa saja yang ia temui di jalan, si badak selalu berkata kalau ia baru saja menemukan apa yang tidak ditemukan anggota hutan lainnya. Sering kali ia berkata besar kepada hewan lain tanpa ada bukti.

Suatu hari ia bertemu dengan burung elang dan berkata "Hai elang tahukah kamu aku akan memiliki kandang bagus nanti penuh dengan makanan-makanan enak", elang tidak menjawab sebab ia tahu badak cuma bisa ngomong besar.

cerita anak


Badak terus berjalan melewati sebuah danau kecil, disitu ada seekor katak yang sedang bernyanyi dengan asiknya. Berkatalah si badak, "Hai katak, suaraku lebih bagus dari pada suara mu itu."

Katak sedikit gusar, namun ia terus bernyanyi di danau itu tanpa menghiraukan perkataan si badak.

(Dongeng anak dan cerita anak hanya di http://dongenganakindonesia1.blogspot.com)

Tibalah badak disebuah pohon yang penuh dengan semut-semut pekerja. Badak pun tergoda untuk berkata kepada semut-semut itu. "Hai semut, mengapa kalian begitu bekerja dengan keras sekali, lihatlah aku, aku tidak pernah bekerja, kerjaku hanya makan dan tidur dan lihatlah tubuh kalian tidak bisa sebesar aku khan?", kata si badak. Baru saja badak ingin berkata, tiba-tiba ia lari terpontang panting melihat semut-semut itu sedang memakan bangkai seekor badak yang telah dimangsa harimau kemarin.

Hikmah cerita anak kali ini janganlah sombong dan berkata besar, ingat pepatah tong kosong bunyinya nyaring. Gunakan lisan kita untuk kebaikan dan menolong sesama.

No comments:

Post a Comment