Tuesday, December 3, 2013

Dongeng Cerita Pendek Anak - Kisah si Kiko Kura Yang Cerdik

Dongeng cerita pendek anak kisah si Kiko kura yang cerdik. Kisah ini diawali di sebuah pinggir sungai. ada seekor kura-kura bernama Kiko. Kiko ingin menaiki sebuah batu. Alhasil dia jatuh tergelincir dan tidak bisa bangun. Namun tanpa sepengetahuannya ia sudah diperhatikan oleh seekor rubah yang jahat dari kejauhan.

Si rubah lalu mendekati Kiko dan ingin memangsanya. namun si Kiko berkata " hai Rubah, bisa kah kau tolong aku?", kemudian si Rubah menolong Kiko bangun. Karena Kiko telah ditolong, ia ingin mengajak sang rubah untuk berenang menyebrangi sungai dengan naik di punggungnya.

Si rubah mengurungkan niatnya untuk memangsa si Kiko, Akhirnya ia sampai di pinggir sungai, lalu si rubah berkata kepada si Kiko. "Tahukah kamu bahwa aku sedari tadi ingin memakanmu, nah inilah saat yang tepat".



Sadar bahwa si Kiko ingin dimangsa oleh si rubah, ia lalu berfikir cepat lalu berkata kepada si rubah.

(Dongeng anak dan cerita anak hanya di http://dongenganakindonesia1.blogspot.com)

"Hai rubah yang baik, jika kau ingin memangsaku, tahukah kamu bahwa ada sainganmu yang juga ingin memangsa aku, nah ijinkan aku ingin membawamu kepada saingan beratmu, dia ada di tengah sungai ini". Kata si Kiko kepada rubah yang sudah mulai kelaparan itu.

"Apaa?...aku punya saingan?..mana dia, tunjukkan kepada ku", pinta sang rubah kepada si Kiko.

Akhirnya si rubah dibawa kembali ke tengah sungai yang tenang airnya, sampai-sampai terlihat jelas bayangan benda yang berada di atas permukaan air.

"Nah kita sudah sampai, kini lihatlah dibawah air itu", si Kiko menunjuk bayangan si rubah yang ada di permukaan air.

Tanpa basa basi lagi, si rubah terjun kedalam air karena ia tidak ingin punya saingan yang juga ingin memangsa si Kiko kura-kura.

(Dongeng anak dan cerita anak hanya di http://dongenganakindonesia1.blogspot.com)

"Byurrr...", si rubah terjun kedalam air dan terengap-engap karena ia tidak bisa berenang.

"Tolong..tolong aku...", kata si rubah kepada Kiko. "karena kau telah menolong aku, maka akan aku tolong, tapi dengan satu syarat" Kiko berkata kepada si rubah yang sudah banyak menelan air.

"Apa syaratmu..?..blrrrppp..." kata si rubah yang pontang panting berusaha berenang ke permukaan. "Kau berjanji tidak akan memangsa-ku lagi, ya".

Akhirnya si Kiko menolong dan membantu si rubah keluar dari sungai itu, dan merekapun kini berteman baik.

Hikmah cerita dongeng pendek anak kali ini adalah kita harus mencintai makhluk ciptaan Tuhan lainnya dan selalu tolong menolong sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Semoga cerita anak kali ini di blog dongeng anak (http://dongenganakindonesia1.blogspot.com/) bisa bermanfaat bagi anak anak indonesia untuk terus berprestasi.

No comments:

Post a Comment